Tuesday, May 06, 2008

Mas Roni

Sabtu Minggu kemarin, mbak Wiwin, Mas Yudi dan ponakanku Roni datang mengunjungi kami di Sawangan. Mbak Wiwin itu kakak kandungnya suamiku. Dan Roni (5) th ponakanku, anak semata wayangnya. He's so special, kenapa special karena Roni didiagnosa autis sejak umur 2 th. Autis? iya! ... saya kira semua sudah tahu ttg autis ya, nah yang belum tahu, ini nih http://puterakembara.org/archives10/00000055.shtml Autis : gangguan perkembangan pervasif pada anak yang ditandai dengan adanya gangguan keterlambatan dalam bidang kognitif, bahasa, perilaku, komunikasi dan interaksi sosial.


Bagi kami semua Roni adalah seseorang yang unik, pastinya .. kita semua sayang padanya, apapun keadaannnya. Bahkan sampai dengan umur 5 tahun ini, Mas Roni masih kesulitan untuk berkomunikasi dan berinteraksi dengan sekitarnya. Hanya mampu mengucapkan beberapa kosakata, tapi Subhanallah bagi kami itu suatu perkembangan yang luar biasa. Mudah mudahan Allah memberikan jalan yang terbaik buat Mas Roni, 2 jempol untuk Mbak Wiwin dan Mas Yudi yang dengan penuh kesabaran membesarkan Roni. Meskipun biaya untuk membesarkan anak autis itu tidak kecil, terus menerus melakukan terapi ke specialis, pengobatan dan lain-lain.

Oh ya, setelah Keluarga Mas Yudi pulang, Athar ngobrol -ngobrol sama saya,

Athar :" Mamah, kok mas Roni belum bisa ngomong, kalo ngomong Au Au Au Au'
Aku :" Iya, mas Roni kan sakit sayang, Autis, berdo'a ya biar cepat bisa ngomong"
Athar: " Mamah, kenapa nggak diobatin aja mah, biar sembuh, dikasih tempra aja mah"
Aku :" Hahhhh tempra kan buat sakit panas Le"
Athar :" Nah, kalo gitu dikasih bodrexin mah, yang merah-merah kecil itu looh"
Aku :" Walah itu kan buat obat flu "

Athar ternyata do'i care juga ama kakak sepupunya, dia juga ngerti kalau Masnya itu nggak boleh makan sembarang kalir kayak dia, beberapa makanan dipantang buat Roni,seperti tepung terigu, susu sapi, msg, gula, semua di stop. Makanannya benar-benar dijaga. Nah waktu Athar pengen makan Mie, dia harus rela ndelik ke kamar untuk makan mie. Atau minum susu ultra, nyari tempat dulu buat ndelik. hihihi Good Athar.

No comments: